Tarakan, Kalimantan Utara Gempa 6,1 SR

Gempa Tarakan

Di antara derasnya periode hujan yg tetap membasahi tanah Indonesia, berita berkenaan gempa agung kembali datang dari salah satu segi jumpa lempeng di Indonesia. Bukan dari pesisir barat, bukan pula dari pantai selatan jawa yg senantiasa punyai potensi gempa gede di Indonesia.

Info gempa teranyar berasal dari Pulau Kalimantan. Pulau yg sewaktu ini dikenal warga jarang sekali diguncang gempa. Tetapi nyata-nyatanya, di antara Kalimantan Utara yg berbatasan segera bersama wilayah negara Malaysia, terdapat tidak sedikit sekali patahan lempeng yg menjalar dari Filipina & lempeng Laut China Selatan.

Di ruang itulah energi agung gempa bumi terasa oleh sebahagian agung warga Kalimantan Utara. Seperti yg dirangkum dari beragam sumber, gempa jenis gede & kuat berkekuatan 6,1 Skala Richter sontak mengagetkan warga Tarakan, Kalimantan Utara. Sekadar berita, Tarakan ialah kota paling besar di Propinsi Kalimantan Utara.

Kuatnya getaran gempa Tarakan pula dipercaya oleh warga kurang lebih. Dilansir dari page Liputan6.com, kencangnya getaran gempa 6,1 SR itu menciptakan tidak sedikit bangunan bergoyang hebat sewaktu sekian banyak detik. Bahkan ada satu ruko akbar & tinggi yg serta tidak dapat menahan getaran. Seperti yg diceritakan oleh seseorang masyarakat Tarakan, Delvi. Masihlah dari Liputan6.com, Delvi mengemukakan bahwa ruko tempatnya tinggal bergetar hebat, padahal paku buminya mencapai kedalaman 16 m.

Gempa bumi 6.1 SR tertulis oleh seismograf Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika bergetar terhadap pukul 01.47 dinihari WIB hri Senin (21 Desember 2015). Ruang titik gempa berada di Timur Laut Tarakan Kalimantan Timur. Kerasnya getaran gempa juga masuk akal dikarenakan kedalaman gempa Tarakan ada terhadap kedalaman tidak lebih dari 10 Kilo Meter. Bahkan menurut rumus skala Mercalli, atau skala yg memastikan kerasnya gempa berdasarkan rumus 1-10. Getaran gempa terasa di Tarakan terhadap skala VI MMI (Modified Mercalli Intensity Scale).

Sampai tulisan ini diturunkan, belum ada berita lebih lanjut yg sanggup dikonfirmasi terkait resiko gempa akbar di Kota Tarakan. Tapi kisah sementara yg bergulir, diwaktu gempa berguncang kurang lebih 1 menit, keadaan pasokan listrik dari PLN telah dipadamkan pada awal mulanya. Gempa 6,1 SR membangunkan tidur warga Tarakan diwaktu keadaan listrik telah gelap gulita.

Meski kemampuan gempa Tarakan tergolong lumayan kuat, tapi sampai sekian banyak jam pasca gempa berjalan, Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika menyebutkan tidak ada potensi gelombang tsunami. (cal)

Sumber

Tinggalkan komentar