Ancaman Letusan Gunung Baru Jari, Anak Gunung Rinjani

gunung-baru-jari

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, sejauh ini dikenal dunia juga sebagai destinasi pujaan utk melampiaskan energi mendaki. Keadaan bentang alam disekitar Gunung Rinjani & ketinggiannya dari atas permukaan laut memang lah miliki sudut unik tersendiri di bandingkan bersama gunung berapi yang lain di Indonesia. Tetapi dibalik keelokannya, Gunung Rinjani & beraneka gerakan vulkanik di sekitarnya konsisten menaruh kemampuan dahsyat.

Serangkaian letusan agung sempat berlangsung & sampai sekarang masihlah berproses di dalam dapur magma kawasan vulkanik Gunung Rinjani. Hri ini bakal diliat betapa letusan dahsyat Gunung Rinjani ribuan thn silam menimbulkan satu buah kaldera akbar yg sekarang ini disebut juga sebagai Danau Segara Anak.

Tidak Hanya Danau Segara Anak, bukti kedahsyatan kegiatan vulkanik yg tersimpan di balik bentangan alam nan indah Gunung Rinjani bisa dipandang dari fenomena munculnya “anak gunung Rinjani” yg berada persis di sebelah Danau Segara Anak, penduduk kurang lebih menyebutnya Gunung Baru, atau Gunung Baru Jari. Gunung ini tampak terang kalah ganteng dgn “induknya” Gunung Rinjani. Tetapi Gunung Baru Jari waktu ini masihlah konsisten berkembang. Gerakan vulkanik di dalam dapur magmanya mirip dgn induknya di Gunung Rinjani, tidak ada kata mogok sejenak. Dapur magma Gunung Baru Jari juga terus bergejolak.

Gunung Baru Jari terletak persis disebelah Danau Segara Anak. Danau ini merupakan bukti nyata dari kedahsyatan letusan Gunung Rinjani ribuan th silam. Luasan Danau Segara Anak 11 juta m persegi & kedalaman mencapai 230 m. Pembentukan Gunung Baru Jari pula akibat dari saluran magma dari Rinjani yg mengalir sampai menumbuhkan Gunung Baru Jari tetap mengerucut ke atas. Diwaktu ini Gunung Api Baru Jari sudah mencapai ketinggian 2.376 mdpl atau lebih dari 300 m dari tinggi permukaan air danau yg berketinggian 2.008 mdpl.

Pekan (1/11) tempo hari, Gunung Baru Jari hasilnya kembali menunjukkan tanda bahwa ia benar-benar sedang konsisten bergejolak. Baru Jari dilaporkan meletus & mengeluarkan abu vulkanik.

Meskipun statusnya tetap berada di level waspada, tetapi efek dari letusan Gunung Baru Jari terang teramat terasa di urusan penerbangan. Bandara Ngurah Rai, Bali lumpuh keseluruhan. Seluruh penerbangan dari & menuju Pulau Bali dibatalkan.

Asap vulkanik gunung berapi ialah mimpi jelek bagi mesin pesawat terbang. Posisi terakhir arah abu vulkanik letusan Gunung Barujari seperti yg diungkapkan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata, sebaran volcano activity dominan ke arah barat daya-barat laut, maka menutupi wilayah hawa Bandara Ngurah Rai & Bandara Selaparang, Mataram. (cal) img : panoramio

Sumber

Tinggalkan komentar