Penyebab Gempa Kupang Mengguncang 4,9 Skala Richter

gempa-kupang300

Sampai tulisan ini diturunkan, berita berkenaan gempa Kupang ini benar-benar belum kelihatan ter-update kepada page berita kegempaan milik Tubuh Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika di page http : //www.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.go.Id/BMKG_Pusat/Gempabumi_-_Tsunami. Tetapi, dikutip dari Antara, gempa Kupang telah terkonfirmasi oleh Pelaksana Pekerjaan Tubuh Meteorologi, Klimatologi & Geofisika, Stasiun Geofisika Klas I Kupang Iksan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika Kupang, gempa yg tercatatat di ketika subuh ini berlokasi di 10,38 Lintang Selatan (LS) & 12.60 Bujur Timur (BT).

Seandainya diliat di peta, gempa Kupang Kamis 4 Pebruari 2016 berpusat disekitar 67 Km sebelah Barat Daya Kab Kupang.
Biarpun pengumuman bahaya tsunami tak dirilis, gempa Kupang ini dapat dikategorikan sbg gempa yg pantas diwaspadai, karena tidak sedikit gerakan kegempaan di Kupang berada kepada kedalaman yg dangkal. Artinya makin dangkal suatu gempa berjalan, sehingga dapat makin kuat kebolehan gempanya. Faktor inilah yg tidak jarang berjalan berlangsung dekat bersama patahan-patahan imbas tubrukan lempeng Eurasia & Lempeng Indo Australia yg berjumpa disekitar titik Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini.
Utk didapati, gempa yg berada kepada kedalaman 10 km seperti karakter gempa Kupang ini sanggup berpotensi memunculkan tsunami apabila kapabilitas gempanya berada di atas 6 Skala Richter.

Mengutip kembali dari pemberitaan Antara, Dedy seseorang masyarakat Kupang mengakui kebolehan gempa Kupang di Kamis Pagi 4 Pebruari 2016 ini pass menghentak. Dirinya sedang tertidur nyenyak di dalam rumahnya, tapi tiba-tiba merasakan gempa yg amat keras. Dedy pernah berpikir ada yg menggoyangkan ruang tidurnya, tetapi nyatanya ada gempa agung.
Mengingat kembali potensi gempa di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, khususnya potensi Gempa Kupang & gempa Alor, dua kota yg termasuk juga padat penduduknya. Terakhir, gempa pass akbar yg merusak ribuan hunian di kira kira patahan Nusa Tenggara Timur berlangsung di Alor. 4 Nopember 2015 dulu, gempa berguncang di tanah Alor kepada kemampuan 6,2 Skala Richter. Dikala itu, Ruang pusat gempa Alor berada di 28 km arah Timur Laut Nusa Tenggara Timur. Gempa berlangsung lebih kurang pukul 10.44 WIB & pusat gempa berasal di kedalaman 89 km.

sumber

Tinggalkan komentar