Asia Timur Membeku, Badai Salju dan Cuaca Dingin Tewaskan Puluhan Orang

badai salju asia

Dari page CNN dikutip, badai salju & cuaca dingin yg demikian membeku menyerang negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Korea, Tiongkok, bahkan salju turun di wilayah yg ketahuan jarang dihampiri oleh cuaca dingin & salju. Akibat badai salju ini disekitar Asia Timur ini, berita terakhir menyebutkan sedikitnya puluhan jiwa tewas & puluhan ribu wisatawan di Jepang Korea Tiongkok mesti menerima fakta terdampar sebab bandar ditutup sampai badai salju mogok.

Keadaan periode dingin yg demikian tidak baik di Asia Selatan datang dengan cara tiba-tiba. Dalam satu tengah malam saja suhu tiba-tiba beralih begitu drastis. Akibatnya puluhan jiwa korban tewas dikarenakan tidak kuat menanggung hiptermia, atau keadaan di mana organ badan mengalami kekacauan akibat tidak dapat mengontrol suhu hangat di dalam badan.
CNN mengabarkan sedikitnya ada 85 korban tewas di Taiwan akibat suhu dingin yg membekukan tulang, & terserang hiptermia atau penyakit pernapasan. Sejumlah 35 orang yg tewas berasal dari Taoyuan, wilayah utara Taiwan. Banyaknya 16 orang yg tewas, berumur antara 65 & 93, berasal dari kota Kaohsiung. Bahkan suhu terdingin s/d minus 4 derajat sepanjang 43 th terakhir di Taiwan.

Buat mula-mula kalinya pun salju demikian tebal menyelimuti Taiwan, padahal rata-rata sepanjang perubahaan thn, masa dingin di Taiwan cuma menurunkan suhu hawa seputar 16 derajat celcius. Bahkan, Kota Bangkok Thailand yg berada tidak jauh dari garis khatulistiwa Di Bangkok, Thailand mencatatkan suhu dingin mencapai 16 derajat Celcius. Rata-rata, di bln Januari awal thn suhu biasanya Bangkok cuma kurang lebih 20-25 derajat celcius.

Suhu dingin sangat buruk di kurang lebih Asia Timur terdaftar berjalan di kawasan Asia Timur dekat bersama Tiongkok sebelah utara. Di Tiongkok Utara, suhu dingin yg membekukan tulang mencapai tembus minus 40 derajat celcius! Paling Atas sepanjang histori Tiongkok.

Suhu biasanya di Tiongkok kurang lebih Shanghai, Beijing, & Jepang mencapai biasanya -4 derajat celcius & -3 derajat celcius. Cuaca dingin di Hongkong ini serta jadi yg ter buruk selagi 3 dekade tarakhir.

Anomali cuaca dingin yg mencekam di kawasan Asia Timur ini menjadi salah satu kenyataan bahwa keseimbangan alam di seluruhnya dunia sedang masuk fase kritis. Seluruhnya adat perubahan iklim & cuaca sudah bergerak di luar batasnnya. Juga Sebagai kebenaran, Tubuh Meteorologi Jepang menyebut bahwa kota Nago di pulau tropis Okinawa buat mula-mula kalinya sejak thn 1966 silam dihujani salju tebal. Salju turun di pulau Amami Ohshima buat perdana kali sesudah 115 thn. Artinya suhu dingin di thn 2016 ini betul-betul berlangsung diluar perkiraan & diluar adat normal.

sumber 


Tinggalkan komentar