Seabin, Ember Ajaib Penyedot Sampah dan Tumpahan Minyak di Lautan

seabin-project

Kamu suka berlibur di laut? Birunya warna laut luas bersama ketenangan yg ditawarkan benar-benar jadi obat pelepas penat yg luarbiasa menyenangkan. Tapi mungkinkah selamanya lautan luas didunia ini tetap konsisten berwarna biru? Mungkinkah laut tak tercemar oleh bahan kimia atau racun lain yg berbahaya akibat ulah manusia itu sendiri?

Faktanya, laut di seluruhnya dunia, tidak tidak hanya lautan Indonesia penuh oleh sampah yg menggenang. Apalagi sampah yg hanyut di lautan luas rata rata merupakan sampah plastik yg tidak sempat dapat hancur atau terurai sewaktu ribuan th. Kebenaran menunjukkan ada kira kira 8 juta ton sampah yg mengapung di lautan.

Kira Kira 90% dari 8 juta ton sampah itu merupakan sampah plastik yg mengapung ataupun tenggelam di basic lautan. Sampah plastik terang amat sangat berbahaya bagi ekosistem lautan, dikarenakan sampah plastik bakal terurai dengan cara fisika, & jadi pecahan-pecahan plastik mungil, & hasilnya jadi partikel plastik. Partikel plastik itulah yg akan termakan oleh satwa laut, termasuk juga ikan laut yg kita mengonsumsi sehari-hari. Bayangkan ikan laut yg terhidang di meja makan yakni ikan yg turut memakan sampah plastik itu!

Tidak Cuma sampah plastik, masalah penting yg semakin merusak keadaan laut Kita yaitu berkenaan minyak tumpahan minyak yg serta tidak dapat membaur dgn air laut. Tumpahan minyak ini sangat sering disebabkan oleh kebocoran minyak di kapal laut yg berlalu lalang di lautan luas.

Lantas, tidak adakah solusi buat menghilangkan sampah & tumpahan minyak dari lautan di Samudera dunia?

Nyata-nyatanya belum lama ini dua orang peselancar dari Australia mengaku sudah menemukan satu buah technologi modis yg jadi piranti utk pembersih laut, sarana ini disebut sbg Seabin. Dikutip dari National Geographic, dua peselancar Australia ini bahkan memutuskan berakhir dari tugas mereka & berkutat dalam lab utk mencari solusi brilian memerangi jutaan ton sampah di lautan kita.

Gimana trick kerja Seabin ini? dari video rilisannya yg mampu disimak dalam page Youtube/Seabin Project, ember ajaib penyedot sampah & tumpahan minyak ini bekerja sebagaimana filter air di tangki akuarium ikan di hunian Kamu. Demikian sederhana & efektif, pula murah buat diaplikasikan.

Dalam prosesnya, Seabin tidak butuh di bawah ke tengah laut & disebar terombang ambing menghilang di tengah Samudera. Pass tempatkan Seabin ini di tiap dermaga apung yg berada di jutaan dermaga di seluruhnya dunia.

Rencana kerjanya teramat sederhana : satu buah ember dihubungkan kepada pompa air yg terkoneksi di dekat dermaga. Seterusnya biarkan Seabin menghisap sampah yg mengambang di laut ke dalam kantong berbentuk jala yg berada di mulut ember ini. Kapabilitas sedotan Seabin ini ampuh utk menghisap bermacam macam macam sampah plastik yg tidak jarang mengotori laut semacam botol plastik, kertas, styrofoam, dll.

Kepada Seabin pun terdapat system pemisah air & minyak yg sifatnya opsional di dalam pompa. Aspek ini bisa menghilangkan minyak & deterjen dari air laut sebelum mengalirkan air sudah bebas polusi itu kembali ke laut lewat segi lain pompa. Inovasi technologi sederhana yg luar biasa bukan? (cal)

img : seabinproject

Sumber

Tinggalkan komentar