Resolusi Damai Perang Suriah dari PBB

Resolusi Perdamaian Suriah

Tidak dapat dimungkiri, konflik berkepanjangan di medan perang Suriah sampai hri ini masihlah jadi perhatian dari warga dunia. Di Lihat dari beragam segi, perang Suriah sama sekali tidak mengambil kebaikan apapun. Medan perang Suriah yg telah menghancurkan negeri itu sampai ke gang paling mungil terhadap kenyataannya merupakan tempat di mana dua ego saling berseteru tidak ada berujung. Ego Presiden negara itu Bashar Al-Assad yg baku hantam dgn ego dari group militan ISIS buat menguasai Suriah dengan cara total. Kepada hasilnya, perang Suriah telah terbukti cuma mengambil kerugian yg demikian gede terhadap penduduk sipil Suriah. Kebahagiaan terenggut, hak-hak sipil buat memperoleh hidup yg patut & keamanan terjamin runtuh seketika. Bahkan perang Suriah sekarang ini telah membentuk rekor juga sebagai penyumbang migrasi manusia paling besar didunia. Jutaan masyarakat Suriah bergerak menuju tanah Eropa, masuk juga sebagai pengungsi, menginginkan suaka & perlindungan keamanan dari negara-negara Eropa.

Mengingat kompleksnya masalah perang Suriah. Dewan Keamanan PBB tidak tinggal diam. Belum lama ini, di akhir bln Desember 2015 Dewan Keamanan PBB lakukan jumpa langka yg mengumpulkan kapabilitas negara-negara gede di satu meja buat menanggulangi perang sipil Suriah yg telah merenggut nyawa lebih nyaris setengah juta masyarakat. Jumpa yg diselenggarakan terhadap Jumat (18/12) silam itu launcing resolusi kerangka kerja internasional utk langkah damai di Suriah.

Seperti yg telah didapati, medan perang Suriah sampai hri ini telah jadi ajang unjuk kebolehan dari berbagai negeri gede. militer Amerika, Inggris, Perancis, Arab Saudi, Rusia & tidak sedikit negeri Eropa yang lain ikut terlibat di Suriah utk menghancurkan basis kapabilitas ISIS cepat ke kantong-kantong markasnya. Walau demikian, kedatangan militer internasional itu sama sekali tidak mengambil kebaikan bagi nasib hidup jutaan penduduk Suriah.

Hasilnya, negara-negara gede itu sukses duduk dengan dgn Dewan Keamanan PBB buat membicarakan hari depan dari akhir perang Suriah. Seperti yg dikutip dari page CNN. Jumpa tingkat tinggi itu membuahkan dua poin design resolusi konflik Suriah. Berikut penjelasannya :

Gencatan Senjata Nasional

Poin perdana dari resolusi perdamaian Suriah ini berawal dari gencatan senjata nasional. Nantinya kepada diwaktu yg telah ditetapkan, semua kemampuan militer bersenjata di Suriah mesti menurunkan seluruh senjatanya demi pembicaraan damai. Baik militer pemerintahan Assad, militan ISIS & group opisis yang lain, kemampuan militer blok barat, ataupun militer blok timur yg digawangi oleh Rusia seluruh mesti menurunkan senjatanya demi pembicaraan damai.

Pembicaraan damai tatkala 6 bln antara Assad & grup oposisi buat mencetak pemerintahan baru yg bersatu

Poin ke-2 resolusi damai Suriah ini merupakan kelanjutan dari gencatatan senjata. Nantinya selagi enam bln sejak gencatan senjata, Presiden Bashar Al-Assad & oposisi ISIS mesti duduk dgn utk menempa pemerintahan bersatu. Terhitung 18 bln sesudah pembicaraan damai, jutaan warga Suriah di harapkan telah dapat mengikuti pemilihan umum. (cal)

img : cnn.com

Sumber

Tinggalkan komentar